Protected by Copyscape Online Plagiarism Checker
WELCOME TO MY BLOG IN YOUR DREAM

Entri Populer

Rabu, 23 November 2011

Mengenal Detail Admin Dashboard pada Blog WordPress

Berkunjung ke blog kawan ( Istilahnya Blog Walking ) selalu membuahkan hasil atau ilmu. Saya sering kali berkunjung ke blog kawan-kawan dan banyak sekali menemukan ide di sana. Seperti posting kali ini. Posting kali ini hasil berkunjung ke blog kawan kita blogger senior di belajarngeblog.com, blog khusus mengenahi pembelajaran WordPress dan blogspot. Lengkap sekali. Silahkan anda berkunjung ke sana kalau ingin belajar lebih mendalam. Salah satu ide yang berhasil saya temukan adalah tentang detail Admin Dashboard setelah anda login ke member area blog WordPress anda. Beberapa menu penting yang harus anda ketahui di Admin Dashboard adalah Tulisan, Tautan, Halaman, Komentar, Tampilan, Pengguna, Pengaturan dll, Jika anda memilih setting blog dengan bahasa Inggris maka menu di Admin Dashboard anda adalah Write, Link, Page, Comments, Upgrades, User, pengguna dll. Baiklah kita langsung aja mulai membahas satu persatu fungsi dari menu2 tersebut. Lihat gambar untuk mengetahui menu menu di admin Dasbor
1. Tulisan. Jika anda arahkan mouse ke menu tersebut maka akan keluar sub-sub menu di antaranya :
All Posts, untuk menampilkan semua artikel yang telah anda posting. Anda bisa mengedit artikel anda di sini
Tambahkan Baru, Untuk menambah posting baru. Untuk menulis artikel atau update artikel terbaru. Cara posting artikel sudah saya bahas sebelumnya dengan judul Cara Posting Artikel di Blog WordPress
Categories, anda bisa menambah kategori dari artikel anda di sini
Tags, tambahkan kata kunci yang berhubungan dengan kategori atau artikel anda
Salin sebuah Tulisan, fungsinya untuk menyalin sebuah tulisan yang telah anda buat / posting
2. Tautan. Sub menunya adalah :
All Links, akan menampilkan semua link yang telah disubmit sebelumnya
Add New, fungsinya untuk menambah daftar link web blog anda. Silahkan tambahkan di sini
Kategori Tautan, untuk mengelompokkan link ke kelompok-kelompok tertentu. Anda bisa mengatur daftar link anda berdasarkan kategori misalnya blog kesehatan maka letakkan di kategori kesehatan
3.Halaman, anda bisa mengedit dan menambahkan halaman statis di sini. Halaman statis maksudnya tulisan atau artikel anda di sini tetap tampil sekalipun ada tulisan baru.
Semua Halaman, untuk menampilkan semua halaman yang telah anda buat
Tambahkan Baru, untuk menambahkan halama baru
4. Tampilan
Tema, untuk menamilkan tema atau themes yang anda gunakan saat ini. Anda bisa mengganti tema blog anda. Silahkan baca baca lagi artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mengganti Themes blog WordPress
Widget, fungsinya untuk menambah cantik blog anda dengan menambahkan widget-widget seperti artikel terbaru, Tautan, komentar terbaru, kategori dll bisa anda tampilkan.
Opsi Tema, anda bisa mengatur tampilan tema anda di sini
Latar Belakang, fungsinya untuk mengatur latar belakang blog anda bisa dengan menampilkan pemandangan, atau gambar-gambar yang lain.
Mobile, jika blog ingin bisa diakses lewat mobile atau hanphone silahkan di atur Mobile
5. Pengguna, berisi detail nama admin dan pengguna yang lain
Semua Pengguna, detail semua pengguna yang terdaftar di blog anda
Invite New, anda bisa mengundang teman dekat atau teman akrab anda. Dengan adanya pengguna yang lain yang anda invite maka yang lain juga bisa menulis di blog anda.
My Profile, berisi data-data profile anda.
6. Pengaturan
General, di sini anda bisa mengatur judul blog, deskripsi blog dll.
Menulis, untuk mengatur tulisan pada artikel blog anda.
Membaca, untuk mengatur berapa judul artikel yang akan anda tampilkan di home blog anda. Bisa diatur sesuai dengan selera anda.
Diskusi, anda bisa mengatur diskusi tentang artikel yang anda buat. Juga bisa anda atur apakah akan menampilkan komentar atau tidak. Apakah komentar mau langsung tayang atau dimoderasi terlebih dahulu. Silahkan anda atur di Pengaturan Diskusi ini.
Privasi, anda bisa mengatur apakah blog anda mau diindext oleh mesin pencari atau tidak. Jika anda mau, tinggal centang saja pilihan Allow search engines to index this site. Jika tidak, ya tinggal centang saja pilihan Ask search engines not to index this site atau I would like my site to be private, visible only to users I choose.
Masih banyak menu-menu di Admin Dashboard pada Blog WordPress dan tidak saya sebutkan semua. Jujur, masih banyak juga yang tidak saya mengerti. Mohon maaf. Tapi dengan adanya faslitas Admin Dashboard yang telah saya sebutkan di atas, saya yakin anda sudah bisa ngeblog dengan baik. Tinggal kemauan saja untuk menjadi blogger yang kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget
free counters
Indonesian Freebie Web and Graphic Designer Resources